10 Bahan Makanan Yang Tidak Boleh Diblender Agar Blender Tidak Cepat Rusak

Punya blender baru merupakan harta yang sangat berguna khususnya untuk ibu di dapur. Blender adalah alat elektronik yang diberikan daya oleh listrik dilengkapi pisau yang berputar guna menghaluskan, mencampur, menggiling bahan makanan. Kini blender banyak macamnya berdasarkan fungsi untuk menghaluskan bahan makanannya, seperti blender buah, blender daging, atau blender bumbu dapur. Perbedaan ini terletak pada pisaunya, gerigi yang terdapat pada pisau sangat berpengaruh pada jenis makanannya.

Jadi jangan sembarangan menggunakannya ya. Kalau kita salah menempatkan bahan makanan ke dalam blender, maka blender akan cepat rusak nih. Pasti tidak ingin barang baru kita cepat rusak kan?

Kini saya mau kasih tau, ada 10 jenis bahan makanan yang tidak boleh di blender agar blender kita tidak cepat rusak.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Ini, Membuat Laptop Jadi Cepat Rusak

Apakah kalian pernah blender makanan di bawah ini? Yuk kita bahas satu persatu.

  1. Buah beku

Buah yang membeku tidak boleh diblender. Ini bisa membuat blender rusak dan hasil smoothies jadi tidak halus. Sebaiknya cairkan dulu buahnya

  1. Adonan

Adonan tidak boleh dimasukkan ke dalam blender. Teksturnya tidak halus, tapi justru akan semakin mengeras seperti kita menggunakan mixer. Lama-kelamaan adonan akan menggumpal dan mengeras.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya akan serat akan berubah menjadi kecokelatan saat diblender. Akan membuat blender mudah berkarat.

  1. Kentang

Kentang diblender akan menghasilkan tekstur dan rasa yang tidak enak di mulut. Jangan bikin mashed potato di dalam blender, ya!

  1. Bawang putih

Bawang putih punya aroma yang sangat kuat, apabila kita blender, bisa merusak segel karet blender. Meski kamu sudah mencucinya, aromanya akan tetap tersisa. Di ulek mungkin lebih baik ya.

Baca Juga: Tubuh Cepat Gemuk? Bisa Jadi Karena 3 Minuman Ini

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan itu mempunyai tekstur yang keras, sehingga bisa menumpulkan mata pisau. Teksturnya pun bisa berubah jadi lengket setelah di haluskan

  1. Tomat kering

Tomat yang sudah kering, lalu dihaluskan, hati hati bisa merusak blender. Sebelum dimasukkan ke dalam blender, rendam terlebih dahulu dalam air

  1. Semua yang bertulang

Semua daging yang bertulang tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam blender. Lepaskan tulang ayam, ikan, atau daging sebelum di blender

  1. Biji kopi

Biji kopi masuk dalam bahan yang terlalu keras untuk diblender, sehingga bisa merusak pisau blender.

  1. Jahe

Jahe sebaiknya dipotong-potong saja, bukan diblender. Teksturnya pun agak keras.

Jadi inilah bahan makanan yang tidak boleh diblender, agar blender tidak cepat rusak, tahan lama, dan hemat biaya servicenya..

Semoga bermanfaat..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *