Tips-tips tentang emas bagi pemula

Sebagai pemula tentu perlu berhati-hati dalam bertindak, apalagi dengan emas. Karena menggunakan uang yang lumayan besar, dan sifatnya juga rawan.

Berikut tips-tips emas untuk pemula :

  1. Sebagai simpanan dana darurat

Emas itu untuk tabungan dana darurat sangat bagus. Dan dilakukan jauh-jauh hari secara bertahap. Misalnya cicil nabung emas 1 gram tiap bulannya lalu disimpan. Emas ini tidak bisa dibuat dana darurat kalau akan dipakai dalam waktu dekatĀ  dalam setahun, Karena percuma waktunya sudah dekat misal beberapa bulan lagi. Sebaiknya simpan uang cash aja.

  1. Sebagai simpanan dana pendidikan

Apakah bisa emas untuk dana pendidikan ? Sangat bisa dong. Buat celengan tiap bulan misalnya Rp.500.000, kalau sudah terkumpul uangnya seharga emas 5 gram barulah beli emasnya. Lakukan itu terus menerus, tapi jangan kaget kalau harga emas makin hari makin naik.

Sebelumnya kalian survey dahulu berapa perkiraan biaya pendidikan disekolah/kampus impian kalian, setelah itu cari tahu inflasi kenaikan atau turun harga emas tiap tahun, lalu hitung dan totalkan, kemudian dibagi dengan harga emas hari ini. Nah kalian udah dapat hasilnya, itu yang dijadikan target buat nabung emas.

Baca juga : Cobain yuk! Kakeibo, seni menyimpan uang dari jepang

  1. Menjaga nilai mata uang

Emas itu jangan anggap untuk investasi ya, tapi dia cuma menjaga nilai mata uang hari ini supaya aman dimasa mendatang (hedging). Jadi bukan jenis untuk investasi ya, kalau mau investasi bisa saja dibelikan saham Antam yang memang syariah dan bisa datangin profit. Lebih jelasnya pengertian saham Antam itu apa, boleh googling aja ya supaya makin ngerti dan yakin untuk membeli.

  1. Sudah punya emas, simpan dimana ?

Emas itu bisa disimpan dimana saja, karena barangnya yang kecil dan bisa dimasukkan ke kotak-kotak kecil. Tapi kalau ingin lebih aman, bisa disimpan di SDB (Safe Deposit Box) dari bank, tapi ada biaya tambahan atau adminnya.

  1. Bagaimana cara jual emas ?

Jual emas sangat mudah, siapkan nota pembelian emas dan bawa ke toko perhiasan emas / toko antam tempat kamu membeli.

  1. Pilih beli emas batangan atau perhiasan?

Kalau kamu untuk nabung, sebaiknya beli logam mulia / emas batangan. Kalau kamu lebih suka desain, silahkan pilih perhiasan. Tapi harga beli dan jual emas perhiasan akan beda jauh sama logam mulia. Karena ada biaya pembuatan, penyusutan, ongkos, dll. Ini yang menyebabkan gram perhiasanmu menyusut.

  1. Emas itu sifatnya pribadi

Jangan share di sosmed, jangan dibawa kemana-mana dan diperlihatkan ke orang lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *