Bagaimana Menghadapi toxic people

Bila kamu menemukan orang-orang toxic di kehidupanmu, hal yang paling tepat adalah menghindarinya. Meski tidak mudah, namun kamu harus mencari cara yang efetif untuk bisa menghindarinya. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak terkena energi negatif atau terkena imbas akan perlakuan yang merugikan darinya.

Toxic people sering kali menargetkan orang-orang yang menurutnya pekerja keras, murah hati, pokoknya tidak enakkan. Mereka akan berusaha memanipulasi dan menjadikanmu alat untuk mencapai kesuksesan mereka. Wah, ngeri juga ya. maka dari itu, yakin mau bertahan di samping orang-orang seperti mereka?

Tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi toxic people, seperti penjelasan di bawah ini.

  • Tidak memberi perhatian padanya

Kalau sudah ada tanda-tanda dia toxic, lebih baik tidak memberi perhatian dan bersikap cuek. Toxic people gemar mencari-cari perhatian supaya semua orang hanya tertuju padanya. Mereka juga sering memotong pembicaraannya, menganggap dirinyalah yang paling tahu. Semakin kamu perhatian padanya, semakin senang ia mempermainkan dan bergantung padamu.

  • Cobalah untuk mengatakan tidak pada mereka

Bagi orang yang enggak enakan memang akan terasa sulit untuk mengatakan tidak. namun untuk menghadapi toxic people, kamu juga harus belajar berkata tidak. menolak bukan berarti kamu menjadi orang yang buruk. melainkan menyelamatkan dirimu pada hal-hal yang sebenarnya tidak bisa kamu lakukan. Lagipula, ada cara yang sopan untuk menolak, sehingga kamu tidak akan dihantui rasa bersalah. Meski pahit, setidaknya kamu telah jujur.

  • Berpegang teguh pada pendirian

Lakukan yang menurutmu benar, jangan mudah terpengaruh oleh ajakan yang merugikan dirimu. Tunjukkan bahwa kamu bisa tanpa dirinya. Jadi, jangan mudah percaya, dan katakan kamu tidak setuju jika memang tidak setuju dengan pendapat mereka. Hal ini bisa membuat mereka berpikir ulang untuk menganggumu. Toxic people sering kali membuatmu terasa kecil, dan menganggap seolah-olah dialah yang paling berkuasa atasmu.

Itu dia bagaimana cara menghadapi toxic people, kamu pasti bisa lepas darinya. Bila mau dan memang perlu, kamu juga bisa merubah sikapnya dengan berusaha terbuka. Menjelaskan bahwa sifat yang mereka miliki mampu merugikan orang lain sehingga harus segera dirubah. Memang tidak mudah, namun patut dicoba. Semoga berhasil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *