Cara Mengatakan yang Sopan Untuk Menolak

Untuk beberapa orang, rasanya menolak adalah hal yang sulit sekali dilakukan. Alasannya takut menyakiti, takut tidak disukai, atau takut salah bicara dan sebagainya. Apalagi untuk orang yang enggak enakan, hawanya serba bingung kalau mau menolak. Tapi kalau tidak ditolak, kamu juga tidak bisa menerima dan rasanya hal ini adalah tindakan kekanak-kanakkan. Tentu bisa merugikan dirimu juga. Berkata jujurlah meskipun itu pahit begitu kata pepatah. Untuk kamu yang bingung bagaimana cara mengatakan yang sopan untuk menolak. Berikut di bawah ini tips dan triknya.

  • Mengucapkan maaf dan terima kasih

Kedua kata itu bukan hanya diucapkan saat kamu memiliki kesalahan atau saat kamu diberi hadiah saja. Tetapi kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menolak. Kata terima kasih bisa sebagai ungkapan bahwa kamu menghargai keputusan orang tersebut dan kata maaf dikeluarkan supaya tidak membuatnya tersinggung dan kecewa. Misalnya “terima kasih telah mengajak saya pergi, tapi maaf saya tidak bisa, pada tanggal itu saya sudah memiliki agenda lain”. Meski sebenarnya menolak tetap akan membuat perasaan yang ditolak jadi tidak baik, hanya saja kamu telah menolaknya dengan sopan.

Baca juga : Tipe-tipe Toxic People

  • Berikan alasan yang sopan

Mereka akan memahami apa yang kamu rasakan saat kamu mampu terbuka, menjelaskan secara baik alasan kamu menolak. Alasan “maaf kamu terlalu baik” sudah terlalu klise. Jadi carilah alasan-alasan yang tidak bisa dipatahkan. Dengan begitu mereka akan mencoba mengerti dan tidak memaksamu.

  • Memberikan pujian

Setiap orang pasti senang jika diberi pujian. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk menolak. Pujian diberikan sebagai bentuk apresiasi atas ajakan yang mereka ajukan seperti “ide yang cemerlang, makasih ya, tapi maaf setelah ditelaah, itu cukup berisiko.” Pujian juga diberikan sebagai bentuk bagaimana kamu menghargai ketulusan mereka. “kamu baik banget masih inget aku, makasih ya, tapi maaf hari itu aku udah aja janji sama ibuku. Lain waktu kita pasti bisa seru-seruan bareng.”

  • Menawarkan solusi lain

Kamu juga bisa menolak sembari memberikan solusi lain, misalnya saat kamu diberi hadiah dan kamu merasa tidak bisa menerimanya, maka kamu bisa menawarkan sebuah solusi supaya pemberiannya tidak sia-sia dan membuatnya kecewa. Diberikan kepada yang membutuhkan. Misalnya, “Ini bagus banget sama kayak punyaku. Sama persis gimana dong. Aku kasih mamaku boleh ya, mama pasti suka.”

Baca juga : Drama Korea yang Dijamin Bikin Kamu Termehek-mehek

Nah, itu dia sederat cara untuk mengatakan dengan sopan sebuah penolakan. Bicarakan dengan baik-baik akan membuat seseorang mengerti dibanding harus terus berpura-pura. Meski pahit tapi kamu harus jujur dan mengatakannya asal dengan sopan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *