Terbaru

Cara Memilih Duren Matang Dan Manis

Durian matang dan manis, siapa yang mau nolak? Aroma harum dan rasa manisnya yang khas menjadi hal yang ditunggu-tunggu pecinta durian. Apalagi jika musim duren tiba, dimana-dimana penuh dengan aroma durian. Namun meski melimpah, tak jarang banyak yang mengeluh soal tingkat kematangan yang tidak sempurna alhasil membuat kecewa.

Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan durian yang matang dan manis para pecinta durian harus mengetahui trik untuk memilih durian dengan kondisi baik sehingga memiliki cita rasa yang tinggi. Yuk, ketahui bagaimana cara memilih durian yang matang dan manis.

Berdasarkan cybex.pertanian.go.id untuk memilih durian, kamu harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Bentuk durian

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bentuk dari durian itu sendiri. Durian yang berbentuk bulat dipercaya lebih matang dan manis daripada durian dengan bentuk lonjong. Menurut pedagang durian, durian lonjong isinya juga lebih sedikit.

  1. Berat durian

Setelah menemukan durian berbentuk bulat, cek berat durian. Kebanyakan orang akan berpikir semakin berat durian maka semakin banyak isinya. Padahal faktanya, durian yang berat biasanya karena faktor bijinya yang besar bukan dagingnya.  Maka dari itu, pilihlah durian yang ringan, pertanda durian telah matang dengan daging yang banyak.

  1. Tangkai

Meski sering dihiraukan, ternyata tangkainya juga menjadi perhatian dalam memilih durian. Tangkai bisa menjadi petunjuk apakah durian tersebut matang atau tidak karena durian yang matang memiliki tangkai yang tebal dan pendek. Berbanding terbalik jika tangkainya ramping dan pipih menandakan durian belum begitu matang.

Selain itu, perhatikan apakah tangkainya bergetah atau tidak, karena durian yang masih bergetah menandakan baru dipetik dari pohon.

  1. Bunyi

Walaupun berduri, ternyata mengetuk buah durian supaya menimbulkan bunyi juga bisa menjadi ciri buah durian matang atau tidak. Apabila kamu takut akan durinya, mintalah pedagang untuk mengetuk buahnya. Jika yang terdengar ‘bluk-bluk’ maka buah durian dapat dipastikan matang. Sedangkan jika bunyinya nyaring seperti berongga, maka dipastikan buah durian tak lagi segar.

  1. Duri

Jika kamu menemukan duri yang ada pada durian itu pendek dan jarang, biasanya rasanya manis. Namun sebaliknya. Jika durinya panjang dan rapat maka buahnya tidak manis.

  1. Kulit

Orang-orang cenderung memilih durian berwarna kuning dan kulit yang sudah terbuka supaya bisa melihat isinya. Padahal durian yang berwarna kuning rata-rata tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup.

Nah, itu dia cara memilih durian matang dan manis. Memang cukup repot untuk bisa mendapatkan durian dengan kondisi baik. Akan tetapi, saat ini kamu tidak perlu khawatir dan repot karena di Kedai Duren Wakroban Jalan Meruya Ilir No. 54, Jakarta Barat atau pada laman durenwakroban.id, kamu bisa mendapatkan durian yang dijamin matang dan manis. Tersedia banyak varian durian, mulai dari Durian Medan, Durian Bawor Durian Montong Sulawesi, Durian Musangking, Durian Sumatera sampai menu olahan durian yang bikin nagih. Pastinya tinggal makan karena sudah tersedia dalam bentuk kupasan atau kemasan. Buruan cek!

Beranda
Cari Loker
Update
Tentang Kami