7 Jenis-jenis Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Setiap mobil didesain memiliki lampu di bagian depan dan belakang, tujuannya untuk membantu penerangan jalan. Lampu-lampu pada mobil juga memiliki warna-warna yang berbeda. Ada yang putih, kuning, kuning bercampur putih, dan putih kebiru-biruan.

Mungkin selama ini sebagian orang hanya mengetahui bahwa lampu utama untuk penerang jalan dan lampu sein untuk pertanda belok. Padahal tahukan kamu? pada mobil terdapat jenis-jenis lampu dan kegunaan yang berbeda-beda lho.

Gambar : olahraga, kendaraan darat, desain otomotif, biru ...

Dilansir dari lama Hyundai Indonesia, ini dia beberapa jenis lampu dan kegunaannya:
1. Lampu senja

Lampu senja seperti halnya lampu kota, yaitu lampu yang membantu visibilitas pengemudi atas kendaraan yang ada di depannya, saat cahaya mentari dirasa tak cukup sinarnya.

2. Lampu belakang

Lampu menyala bersamaan dengan lampu senja, berfungsi untuk membantu pengemudi lain di belakang supaya bisa memantau mobil yang kita kendarai,

3. Lampu dekat

Disebut dengan low beam atau lampu penerangan utama mobil yang berperan menerangi area jalan di depan mobil.

4. Lampu jauh

Disebut dengan high beam yang berfungsi menerangi jalan dengan jangkauan jarak mencapai 10 meter. Berguna ketika melintasi jalan tol atau jalan yang minim penerangan.

5. Lampu Sein

Lampu penanda berbelok, memberi sinyal kepada pengguna jalan lain. Lampu ini berwarna kuning identik sebagai tanda peringatan atau hati-hati

6. Lampu mundur

Selain lampu penanda berbelok, terdapat lampu penanda mobil akan mundur. Lampu tersebut terletak di bagian belajang mobil dengan warna kuning keputihan. Lampu ini akan menyala secara otomatis saat kita memosisikan tuas transmisi ke posisi mundur.

7. Lampu Kabut

Lampu ini disebut fog lamp. Lampu ini memang diperuntukkan saat kondisi mobil melewati jalan yang berasap atau berkabut. lampu kabut berwarna kuning, namun di beberapa mobil lampu kabut bernyala putih. sehingga lampu ini sangat memudahkan pengendara saat sedang bepergian ke daerah puncak.

Nah itu dia, jenis-jenis lampu dan kegunaannya yang berbeda-beda. Tetap hati-hati dalam berkendara dan manfaatkan fasilitas lampu sesuai dengan kegunannya. Jangan sampai merugikan diri dan orang lain ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *