Ini 5 Jenis Kulit Wajah, Kamu Termasuk yang Mana?

Mata Kulit Wajah - Foto gratis di Pixabay

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Apakah kamu sudah mengetahui jenis kulit wajahmu? Hal itu penting untuk dipahami supaya kamu dapat menyesuaikan perawatan apa yang cocok bagi wajahmu. Jenis kulit wajah umumnya terbagi menjadi 5 yaitu jenis kulit normal, berminyak, kering, sensitif dan kombinasi.

Jenis kulit wajah yang beragam disebabkan karena adanya beberapa faktor, seperti kandungan air, kandungan minyak serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Jenis kulit juga bisa berubah sesuai usia, penggunaan kosmetik atau faktor genetika. Maka dari itu, hindari produk kecantikan milik teman yang belum tentu sama dengan jenis kulit wajahmu. Berikut di bawah ini 5 jenis kulit wajah dan bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah yang kamu miliki.

1. Jenis kulit wajah normal

Kulit wajah normal bersifat lembap, elastis, serta memiliki pori-pori yang kecil. Tingkat kelembapan cenderung pas, tidak berminyak juga tidak kering. Orang yang memiliki jenis kulit satu ini biasanya jarang memiliki masalah kulit.

Kulit wajah normal memiliki warna kulit cenderung merata, teksturnya lembut dan halus, wajah bersih dari komedo dan pori-pori tidak begitu tampak. Perawatannya juga mudah, yang terpenting bersihkan wajah secara teratur, dua kali sehari. Jadi apakah jenis kulit wajahmu termasuk normal?

Baca: Tubuh Cepat Gemuk? Bisa Jadi Karena 3 Minuman Ini

2. Jenis kulit wajah kering

Jenis kulit wajah kering cenderung kurang lembap sehingga menyebabkan keretakan pada permukaan kulit. Kulit juga terasa kasar dan terasa kaku setelah mencuci muka. Biasanya area yang terasa kering terdapat di dahi, tengah hidung dan dagu.

Jenis kulit wajah kering biasanya disebabkan karena perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi ultraviolet, atau bisa juga karena penggunaan kosmetik atau pembersih. Untuk mengetahui apakah jenis kulitmu kering atau tidak, kulit kering memiliki pori-pori yang hampir tidak terlihat, permukaan kulit kasar, kurang elastis, mudah memerah, gatal, bersisik, bahkan kulit mati akan mengelupas.

3. Jenis kulit wajah berminyak

Kulit berminyak akan terlihat mengilap. Biasanya bintik-bintik minyak akan terdapat di area hidung, dahi, dan pipi. Jenis kulit wajah berminyak memiliki pori-pori yang besar dan mudah berjerawat. Namun orang yang memiliki jenis kulit ini tidak rentan terhadap penuaan. Untuk itu, sebaiknya hindari krim atau produk kecantikan yang mengandung banyak minyak supaya wajah tidak menjadi lebih berminyak.

4. Jenis kulit wajah sensitif

Jenis kulit wajah sensitif biasanya mudah mengalami iritasi, mudah terbakar sinar matahari, dan banyak area kemerahan. Kulit sensitif sangat rentan terhadap berbagai produk kecantikan. Maka dari itu, kulit sensitif harus mendapatkan perawatan khusus dan tidak sembarangan memakai produk kecantikan, perlu adanya konsultasi dengan dokter.

5. Jenis kulit wajah kombinasi

Seperti namanya kombinasi, jenis kulit wajah ini biasanya berminyak di daerah T-zone (dahi dan hidung) dan kering di bagian U-zone atau pipi. Perawatan untuk jenis kulit satu ini juga memerlukan penanganan yang berbeda, seperti gunakan pelembap untuk area yang kering dan pembersihan rutin di area wajah berminyak.

Nah itu dia 5 jenis kulit wajah yang harus kamu tahu. Jadi bagaimana, apakah sudah mengetahui jenis kulit wajahmu?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *